Resolusi, entah sekedar selebrasi atau memang niat sepenuh hati, sudah jadi hal rutin. Akhir tahun lalu, aku janji akan belajar skill baru di 2020. Ku kira Tableau jadi skill pertama yang ku pelajari, ternyata cuci tangan bersih sampai ke sela jari demi tak tertular pandemi. Tak sia-sia dan ternyata banyak gunanya.

Sebelumnya, jerawat di wajah sering jadi masalah. Mulai dari krim yang ku pilih sendiri, ke klinik, sampai dokter spesialis semua sudah ku tekuni, tapi jerawat masih balik lagi, apalagi menjelang menstruasi. Ternyata, setelah lebih ketat perkara cuci tangan, jerawat pun tak datang, dan pasti hati senang. Tapi apa capaian 2020 hanya menyingkirkan jerawat?

Tiba-tiba waktu terasa melambat. Tadinya ku kira akan banyak hal hebat, ternyata rencana-rencana hilang dalam sekelebat. Tapi ku rasa bukan aku saja, semuanya sedang susah, dan bukankah pelajaran tabah memang tak pernah datang dalam kemasan hadiah? Dear all, berkeluh-kesah, marah, lelah, bahkan menangis pun tak masalah. Asal jangan merasa putus asa, apalagi sedang memegang kuasa. Tak ada kata damai untuk virus yang menyelinap di tempat ramai.